Minggu, 07 April 2013

CONTOH-CONTOH JUDUL TUGAS AKHIR


CONTOH JUDUL TUGAS AKHIR TEKNIK TELEKOMUNIKASI

     Tugas akhir sebenarnya tidak begitu sulit, karena kebanyakan tugas akhir sudah di tentukan apa saja yang harus dibuat dari fakultas, jadi kita tinggal mencari masalah apa yang akan di buat. 
Kesulitan pada Tugas Akhir sebenarnya hanya pada penentuan judul yang akan diambil.
saya akan memberi sedikit contoh-contoh tentang Judul Tugas Akhir
Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web 


AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER
( AMIK )


LEMBAR PENGESAHAN

Skripsi ini telah diuji pada tanggal 20 Maret 2012 dan diterima
sebagai syarat memperoleh gelar sarjana muda komputer

Team Penguji



Ketua            :  _______________ ( …………………………. )

Sekretaris      :  _______________ ( …………………………. )

Anggota        :  _______________ ( …………………………. )

                       _______________ ( …………………………. )


Disahkan Oleh :
Direktur





( .......................................... )




 

ABSTRAK

     Teknologi Komunikasi data yang menggunakan protocol TCP / IP pada saat ini memungkinkan dibangunnya suatu jaringan komputer dengan aplikasi-aplikasi online yang dapat diakses oleh berbagai sistem operasi. Dengan adanya sistem perpustakaan PENS yang masih menggunakan sistem manual yang berupa buku dan kartu – kartu yang berisi  data – data buku dianggap tidak efisien lagi, sehingga dibutuhkan suatu sistem informasi perpustakaan berbasis WEB. Dengan pemanfaatan teknologi internet dimaksudkan untuk kebutuhan akan penyampaian dan pencarian informasi yang cepat, sebab internet sebagai jaringan yang sangat luas merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk aplikasi ini. Perpustakaan online ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa dan pengguna yang lain dalam mendapatkan informasi judul buku-buku yang diinginkan. Dapat membantu pihak perpustakaan PENS dalam pendataan buku-buku, serta memungkinkan pihak perpustakaan mengadministrasi data dari berbagai tempat.


ABSTRACT
Todays, data communication technology using TCP/IP Protocol, give the possibility to build a computer network with online applications that can be accessed by various of operating system.
Because of the EEPIS Library system which is using the manual system, it make not efficient so the library information system based on web is needed. By using internet technology that can make fastly for sending and searching information, because internet is the largest network, effective and efficient for this applications. One of the application which is really needed by EEPIS students is the library information system based on web, so it will make students and  other user to get available books information. The system also can help libraries administrator to organized and to manage or control data from other places.


KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunia-Nya sehingga  penulis dapat menyelesaikan proyek akhir dengan judul RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB
Tugas akhir ini disusun untuk melengkapi persyaratan akademik menyelesaikan kuliah program Diploma III pada Jurusan Teknik Telekomunikasi.
            Penulis menyadari bahwa buku ini jauh dari sempurna, oleh sebab itu saran dan kritik yang sifatnya membangun senantiasa penulis nantikan. Harapan penulis adalah semoga apa yang telah penulis tuangkan dalam buku ini dapat bermanfaat bagi penulis dan rekan-rekan mahasiswa pada khususnya serta para pembaca pada umumnya. 
Segomeng, 07 April 2013


      Penulis 





BAB I
PENDAHULUAN


1.1       LATAR BELAKANG
                       Pada saat sekarang ini, perpustakaan PENS masih menggunakan sistem katalog manual yang berbentuk buku dan kartu-kartu yang berisi data-data buku. Sistem ini sudah dianggap tidak efisien lagi mengingat pesatnya peningkatan jumlah judul dan jumlah buku. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu program database realtime via web browser yang dapat diakses oleh mahasiswa baik dari kampus maupun rumah.
Pemanfaatan teknologi internet dimaksudkan untuk kebutuhan akan penyampaian dan pencarian informasi yang cepat, sebab internet sebagai jaringan yang sangat luas merupakan sarana yang efektif dan efisien untuk penyampaian dan pencarian informasi.
Pada tugas akhir ini dibuat suatu sistem informasi perpustakaan berbasis web secara online. Sistem database realtime ini dirasa sangat efektif karena dirancang untuk  memberikan pelayanan berupa informasi tentang buku-buku yang tersedia beserta isinya, sehingga user dapat mengetahui / mencari buku yang dimaksud dengan hanya meng-klik mouse.


1.2  TUJUAN
Merancang dan membangun sistem informasi perpustakaan untuk mempermudah mahasiswa atau pengguna perpustakaan mencari buku-buku secara online dengan menggunakan sistem operasi linux.

1.3  BATASAN  MASALAH
Dalam pembuatan tugas akhir ini dititik beratkan pada komunikasi data pada web interaktif untuk pencarian buku secara online dengan menggunakan sistem database MySQL dan bahasa script PHP serta tampilan (layout) web site dengan Macromedia Dreamweaver, yang kesemuanya dirancang dengan menggunakan sistem operasi linux. Alasan penulis menggunakan PHP adalah karena PHP merupakan freeware sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya, fasilitas trace kesalahan yang mudah dilakukan dan dipahami dalam browser, mudah dikoneksikan dengan database serta memiliki tingkat sekuritas yang tinggi.

1.2  KERANGKA  PEMBAHASAN
    Buku Tugas Akhir ini mempunyai kerangka pembahasan sebagai berikut :
JUDUL
Judul yang dipilih adalah : “Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan berbasis Web .”

PENGESAHAN
Lembar Pengesahan dari dosen pembimbing dan penguji.

ABSTRAK
Berisi gambaran umum dan garis besar dari Tugas Akhir ini.

BAB I       :  PENDAHULUAN 
Membahas hal-hal yang melatarbelakangi pemilihan judul, tujuan, masalah, pembatasan masalah, dan metode pembahasan masalah.

 

BAB II      :  TEORI PENUNJANG
Berisi ulasan teori dasar tentang teknologi jaringan komputer, logika pemrograman, sistem database, web server, dan scripting.

 BAB III   :  PERENCANAAN DAN PEMBUATAN
Membahas secara rinci perencanaan dan pembuatan sistem database serta query, tampilan(layout) sistem informasi perpustakaan berbasis web,  yang terdiri atas konfigurasi sistem prinsip kerja database sistem dan  menampilkan data pada client serta scripting sistem informasi perpustakaan berbasis web.


BAB IV      :  ANALISA DAN PENGUJIAN
Berisi analisa  dan pengujian terhadap hasil Tugas Akhir.

BAB V       :  PENUTUP
Berisi kesimpulan yang diambil berdasarkan hasil analisa, serta saran-saran dari pelaksanaan proyek akhir.

DAFTAR PUSTAKA
Berisi literature yang dipakai sebagai referensi Tugas Akhir.

LAMPIRAN
Memuat lembaran-lembaran pendukung laporan, seperti : lampiran gambar, lampiran tabel, lampiran listing program.


BAB II

TEORI  PENUNJANG


Perkembangan World Wide Web (WWW) yang sangat pesat ditandai dengan munculnya berbagai macam Website dengan halaman Web yang interaktif. Hal ini disebabkan WWW memberikan tampilan grafik yang sangat indah dan bagus untuk dipandang, selain itu konsep teknologi hypertext yang digunakannya memberikan kemudahan dan kecepatan yang luar biasa. Kedua hal ini memang yang paling diinginkan oleh hampir semua orang. WWW digunakan bukan hanya sekedar alat untuk mencari informasi saja. Lebih dari itu, WWW sudah banyak dipakai secara komersial oleh hampir semua perusahaan – perusahaan besar diseluruh dunia untuk meng-iklankan produk – produk mereka .
            Bahasa penulisan Web yang umum dipergunakan adalah Hypertext Markup Language (HTML), merupakan bahasa yang sangat mudah dipelajari. Istilah hypertext diilhami pertama kali oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Hypertext menurutnya adalah suatu teks (serangkaian kata) yang mempunyai “hubungan” (link) dengan teks lainnya. Jika untuk teks memakai istilah hypertext maka untuk grafik, image, dan suara istilahnya adalah hypermedia. Untuk menulis sebuah halaman Web menggunakan HTML, seseorang tidak perlu memiliki latar belakang pemrograman. Namun untuk membuat sebuah halaman Web yang interaktif maka dengan HTML saja tidak cukup, diperlukan suatu script. Script dipergunakan untuk membuat halaman Web menjadi interaktif seperti menampilkan animasi, operasi aritmatik, maupun interaksi ke sistem yang bekerja pada browser pembaca Web. Penulis menggunakan script PHP dalam Proyek Akhir ini. 

1. SEJARAH INTERNET
Internet adalah kumpulan network yang terdiri dari ribuan sistem komputer yang saling berhubungan satu dengan lainnya termasuk jaringan-jaringan lokal dan mempunyai kapasitas transmisi yang tinggi. Internet lahir sekitar tahun 1969, pertama kali digunakan untuk keperluan militer Amerika Serikat. Dikembangkan oleh ARPAnet (US Government’s Advanced Research Project Agency Network) yaitu jaringan Agen Proyek Riset Lanjutan Pemerintah Amerika Serikat). Internet mulai komersial dan berkembang pesat sejak tahun 1990. Di Indonesia, Internet mulai dikenal luas sejak tahun 1995. Sebelumnya Internet sudah dikenal dikalangan akademik dan pusat-pusat riset. Layanan internet terbuka sejak IndoInternet berdiri sebagai penyedia layanan internet pertama di Indonesia. Kesuksesan IndoInternet ini kemudian diikuti dengan munculnya Internet Service Provider (ISP) lainnya yang semakin menjamur. 

2.  ARSITEKTUR TCP / IP
Dua arsitektur yang dikembangkan sebagai basis pengembangan standart komunikasi dapat saling bekerjasama adalah protokol TCP / IP dan OSI. Arsitektur yang telah digunakan secara luas adalah TCP / IP, sedangkan OSI menjadi model standart untuk memperjelas fungsi tiap bagian dalam komunikasi.
Berdasarkan standart protokol yang dikembangkan, dan selanjutnya dipilah kedalam tugas masing-masing dalam komunikasi, maka TCP / IP dapat dipisah menjadi :
Ø  Aplication layer berisi logika yang diperlukan untuk mendukung program aplikasi yang digunakan oleh user.
Ø  Host to host layer memiliki fungsi untuk menjamin bahwa semua data yang tiba di program aplikasi tujuan adalah sama dengan yang dikirim oleh aplikasi sistem user. Protokol yang dipergunakan untuk melengkapi tugas ini adalah TCP.
Ø  Internet layer memiliki ruang lingkup mengenai prosedur yang diperlukan bila kedua sistem saling berkomunikasi terletak pada sistem jaringan yang berbeda. Internet protokol dipergunakan untuk melengkapi beberapa fungsi route lewat jaringan yang berbeda. Protokol ini tidak saja diimplementasikan kepada komunikasi kedua sistem yang berbeda tetapi juga untuk routing. Routing adalah proses yang menghubungkan dua jaringan yang memiliki fungsi utama untuk mengalirkan data dari suatu jaringan ke jaringan yang lain diantar sistem sumber ke sistem tujuan.
Ø  Network Access layer memiliki ruang lingkup pada pertukaran data diantara ujung sistem yang tersambung kepada suatu sistem jaringan. Komputer pengirim akan melengkapi alamat (address) dari komputer tujuan, sehingga jaringan dapat memberikan route kepada data agar sampai ke tujuan yang benar.
Ø  Physical layer meliputi interface hardware diantara peralatan transmisi data dan media jaringan. Layer ini memiliki perhatian khusus pada media transmisi, sinyal, kecepatan data, dan hal-hal yang berhubungan dengan jaringan transmisi.

3. MEMBUAT JARINGAN WEB DENGAN LINUX

2.3.  Bagaimana membentuk sebuah jaringan web dengan Linux?
Untuk membentuk sebuah jaringan web dengan linux diperlukan minimal 2  buah komputer yang berfungsi sebagai server dan client.
Adapun konfigurasi yang diperlukan adalah :
Sebagai server.
Ø  Sebagai media utama yaitu OS (Operating System) Linux yang akan menunjang semua aplikasi yang akan dilakukan.
Ø  Apache WEB Server yang berfungsi sebagai service untuk HTTP server.
Ø  Modul PHP sebagai penterjemah dari script yang kita buat untuk halaman WEB yang diintegrasikan dengan Apache web server.
Ø  MySQL sebagai tempat dan pengolah database (database server) sebagai penyimpan data yang akan ditampilkan melalui WEB.

Sebagai Client.
Ø  Sistem operasi apa saja yang dipakai tidak menjadi masalah, sehingga bisa dipergunakan sistem operasi Windows, WindowsNT maupun sistem operasi linux dan harus mendukung protokol TCP/IP
Ø  Software browser untuk dapat melihat hasil yang dikeluarkan oleh WEB Server seperti Netscape, Internet Explorer.
Ø  Beberapa software pendukung lain yang berfungsi untuk membantu proses kerja pada saat melakukan browsing .

2.4        PERANGKAT LUNAK YANG DIGUNAKAN
Perangkat lunak yang digunakan dalam pengembangan aplikasi meliputi sistem operasi, web server, database server, dan pemrograman web. Untuk sistem operasi digunakan Linux, untuk web server digunakan Apache, untuk database server digunakan MySQL, dan pemrograman web digunakan PHP.
Berikut akan diberikan gambaran sederhana mengenai hubungan Linux, Apache, PHP, dan MySQL yang digunakan dalam pengerjaan karya tulis ini.










Sistem Operasi Linux
 



Gambar 2.1 Hubungan Linux, Apache, PHP, dan MySQL
 
 








2.4.1        Linux
Linux adalah sebuah sistem operasi, sebagaimana Windows dan UNIX. Perbedaannya dengan sistem operasi lain yaitu beberapa diantaranya adalah diedarkan secara gratis dan sifatnya yang open source artinya kode program dapat dilihat oleh siapapun. Perbedaan lainnya adalah digunakannya lisensi GPL pada linux. Lisensi ini memungkinkan setiap orang untuk merubah, mengadaptasi, maupun mengembangkan kode – kode program pada linux lebih lanjut.

2.4.1.1  Sejarah singkat Linux
            Linux dikembangkan pada awalnya oleh Linus Torvalds. Ide yang mendasarinya adalah bagaimana membuat sistem operasi yang mengadaptasi UNIX, namun bisa dijalankan di mesin intel. Hal ini mengingat UNIX yang beredar memerlukan perangkat keras yang mahal . Karenanya tidak salah apabila Linux mewarisi karakter dan pengalaman sistem operasi UNIX yang telah berusia cukup lama.
            Pada tahun 1991 kode program Linux disebarkan dan diperiksa oleh banyak orang diseluruh dunia. Dengan adanya pengembangan semacam ini, maka Linux cepat sekali berkembang dan setiap kesalahan dapat ditemukan dengan lebih cepat bila dibandingkan dengan sistem operasi yang bersifat proprietary.


2.4.1.2  Kelebihan – kelebihan Linux.
Beberapa hal yang menjadi keunggulan Linux adalah :
ü  Biaya
Linux adalah sistem operasi yang disebarkan secara gratis. Dari segi biaya kepemilikan sangat rendah bila dibanding dengan sistem operasi lainnya.
ü  Stabilitas
Linux dikenal memiliki stabilitas yang baik. Hal ini tidak lepas dari usaha – usaha awal dalam mengembangkan Linux yang mengadaptasi arsitektur dan kelebihan – kelebihan UNIX, yang mana diketahui bahwa UNIX merupakan sistem operasi yang banyak digunakan pada server yang memerlukan tingkat stabilitas yang tinggi.
ü  Dukungan teknis
Dukungan teknis terhadap sebuah sistem operasi sangatlah penting, dan biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Pada Linux dukungan teknis ini hampir tidak memerlukan biaya sama sekali. Banyak sekali mailing list atau newsgroup yang menyediakannya . Bahkan respon yang diberikan terbilang sangat cepat, mengingat anggota dari mailing list atau newsgroup bisa berasal dari seluruh dunia.



ü  Portabilitas
Karena sifatnya yang open source , maka Linux dapat dengan cepat dibuatkan versinya untuk mesin – mesin selain mesin intel. Dengan demikian portabilitasnya tinggi.

2.4.2    Sistem Database

Database merupakan kumpulan data terorganisasi yang digunakan semestinya, menjadi informasi. Katalog yang selama ini ada di perpustakaan-biasanya menggunakan sistem database yang berbentuk kartu-kartu yang berisi judul buku, nomor buku, jumlah buku, pengarang, penerbit, dan lain-lain. Untuk mengelola suatu database agar menjadi informasi yang mudah diakses maka membutuhkan suatu sistem pengolahan yang disebut Sistem Manajemen Database (Database Management System – DBMS).
Dalam Proyek Akhir ini penulis menggunakan MySQL sebagai pengolah data  dan penyimpanan data buku perpustakaan. MySQL adalah sebuah RDBMS (Relational Data Base Management System) yang mendukung multi user dan multi threaded SQL database server.
MySQL juga merupakan sebuah server Database yang banyak digunakan di internet karena kehandalannya seperti kecepatan dan kemudahan penggunaan.


2.4.2.1 Keunggulan MySQL
Kecepatan adalah hal yang penting saat melakukan sebuah query melalui jaringan internet. Pada versi–versi awal, MySQL mencapai ini dengan mengorbankan beberapa fasilitas yang umumnya terdapat pada DBMS lain, dan pada banyak aplikasi internet yang telah diterapkan hal tersebut tidak menjadi masalah.
Kemudahan penggunaan MySQL dikarenakan digunakannya standard bahasa SQL oleh MySQL. Saat ini standard yang diikuti oleh MySQL adalah entry level SQL92 ODBC level 0 – 2 yang banyak dipakai RDBMS. Selain itu tersedianya beberapa aplikasi yang memberikan interface untuk berinteraksi dengan MySQL juga memberikan kemudahan bagi pengguna.
MySQL pertama kali dibangun untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah SQL server yang dapat menangani database dalam jumlah besar, memiliki kecepatan yang tinggi dengan hardware yang tidak mahal. Saat ini MySQL diedarkan secara gratis dan bersifat open source. Walaupun demikian dukungan teknis yang sifatnya komersial dapat dipenuhi dengan biaya tertentu.
MySQL adalah murni didesain untuk bekerja dibawah sistem operasi UNIX (Linux).
Fasilitas-fasilitas yang dimiliki MySQL antara lain :
ü  Terdapat suatu bahasa pemrograman yang mudah untuk menggunakan MySQL sehingga bila dirasakan, akan hampir sama dengan menggunakan dBase ataupun FoxPro yang berjalan didalam DOS.
ü  Memiliki kemampuan menjalankan aplikasi yang kompleks.
ü  Sangat mendukung untuk pemrograman dengan PHP yang berjalan untuk pembuatan halaman WEB.
ü  Arsitektur yang diskalakan memungkinkan MySQL digunakan sebagai database yang berdiri sendiri, database file server multi pengguna, dan aplikasi klien dari Client / Server.
ü  Mendukung integritas referensial pada tingkat mesin database.
Kelebihan lain dari penggunaan MySQL adalah karena didalam PHP yang digunakan sebagai sarana untuk pembuatan halaman web, telah mempunyai Application Programming Interface MySQL untuk mendukung pemrograman yang berorientasi database pada MySQL.

2.4.2.2 Perintah MySQL
            Adapun beberapa perintah sql yang didukung oleh mysql adalah :
·         SELECT
Untuk melihat data dari satu atau beberapa tabel.
        select kolom-kolom
      from nama-tabel
·         INSERT INTO
Untuk mengisi data pada suatu tabel atau menambah record pada tabel.
        insert into nama-tabel (kolom1, kolom2,…)
   values (nilai1, nilai2,…);
·         DISTINCT
Untuk menghilangkan record–record yang sama.
      select distinct kolom from nama-tabel;
·         SELECT *
      Untuk melihat isi kolom suatu tabel.
   select * from nama-tabel;
·         WHERE
Untuk menyaring / membatasi hasil query sehingga record yang dikeluarkan hanya record yang sesuai kriteria yang diinginkan.
  select kolom, kolom ,..from nama-tabel
   where criteria;
·         BETWEEN
      Untuk membatasi suatu kolom berada pada suatu baris nilai tertentu.
   select kolom, kolom,… from nama-tabel
where criteria(salah satu kolom sebagai parameter) between .. and..;
·         LIKE
      Untuk mencari data yang memiliki pola tertentu.
  Select kolom, kolom,..from nama-tabel
   where criteria(salah satu kolom) like ‘%win%’;

      Pada keyword ini digunakan tanda-tanda khusus (wild card).
Tanda
Arti
%
Sembarang nol/lebih karakter
-
Sembarang satu karakter
[]
Sembarang karakter dalam tanda kurung siku
Tabel 2.1  wild card pada keyword
 

          
·         ORDER BY
      Untuk mensortir data atau hasil query
  select kolom, kolom from nama-tabel
   order by kolom;
·         DESC
      Untuk mensortir data dengan urutan terbalik
  select kolom, kolom from nama-tabel
   order by kolom desc;
·         DELETE
      Untuk menghapus record
  delete from nama-tabel;
      Dengan kriteria tertentu,
  delete from nama-tabel where criteria;
·         UPDATE
      Untuk memodifikasi record nilai kolom secara keseluruhan.
  update kolom set (kolom sbg parameter)= 100;
      Untuk memodifikasi nilai kolom dari suatu record
  update nama-tabel
set nama-kolom1=nilai-baru1, nama-kolom2=nilai-baru2,… where criteria;

2.4.3 Pembuatan Webpage
Untuk membuat suatu Web page dari cara yang paling mudah dengan tampilan yang cukup menarik yaitu dengan Macromedia Dreamweaver  ataupun dengan editor HTML yang lain.
Penulis sedikit memberikan gambaran mengenai cara pembuatan Web page dengan PHP. Alasan penulis menggunakan PHP adalah karena PHP merupakan Freeware sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya, fasilitas trace kesalahan yang mudah dilakukan dan dipahami dalam browser, mudah dikoneksikan dengan database serta memiliki tingkat sekuritas yang tinggi. Berikut ini akan dijelaskan secara luas tentang PHP

2.4.4        PHP ( Hypertext Preprocessor )
            PHP adalah script untuk pemrograman web, PHP dapat digunakan bersama – sama dengan kode HTML ( embedded ). Sehingga hampir mirip dengan javascript, bedanya dengan javascript adalah javascript akan diterjemahkan oleh internet client ( browser ), sedangkan script PHP diterjemahkan di pihak server. Karenanya PHP juga dikenal sebagai server side script. Halaman hasil proses di server, diterima oleh client internet sebagai HTML biasa, dan kode – kode PHP tidak akan bisa terbaca oleh client. Hal ini juga yang membedakan PHP dengan javascript.

2.4.4.1  Sejarah singkat PHP
            Perkembangan PHP diawali oleh Rasmus Leodorf yang membuat program untuk kebutuhannya sendiri pada tahun 1994. Pada tahun 1995 program tersebut mulai digunakan dan saat itu dikenal dengan nama Personal Home Page Tool. Program tersebut terdiri dari mesin parser dan beberapa utility, waktu itu masih sedikit macro yang dikenali oleh mesin parsernya.
Pada pertengahan 1995 program tersebut ditulis ulang dan dikenal sebagai PHP / FI versi 2. PHP / FI ini tekah mendukung mSQL. Sejak saat itu penggunaan PHP / FI berkembang dengan cepat, banyak pihak yang menyumbangkan kodenya untuk meningkatkan kemampuan PHP / FI.
Perkembangan berikutnya sekitar pertengahan 1997 program ditangani oleh sebuah tim. Mesin parser yang sudah ada ditulis ulang oleh Zeev Suraski dan Andi Gutmans. Utility – utility yang semula terdapat pada PHP / FI dialihkan atau ditulis ulang, kemudian lahirlah PHP3, PHP3 sampai pertengahan 1998 lalu telah dipakai di 150.000 situs web dunia. Saat ini PHP telah mencapai versi 4 dan telah dibuat juga mesin optimisasi untuk meningkatkan kemampuan PHP.

2.4.4.2  Kelebihan PHP
Salah satu kelebihan dari PHP adalah dukungannya yang banyak terhadap bermacam database server yang ada. Dan interface yang disediakan  PHP untuk berkomunikasi dengan masing – masing database server sangat memudahkan apabila suatu saat akan dilakukan pergantian database server.
Hal – hal lain yang dimiliki oleh PHP adalah
ü  Kemampuan untuk membuat image secara online. Format image yang dapat ditangani adalah JPEG dan PNG, yang merupakan format – format yang sudah umum di internet
ü  Penanganan file upload
ü  Kemampuan melakukan secara remote terhadap file yang terletak di server lain.

2.4.4.3 PHP Programming
Script PHP ini mulai bekerja saat adanya request PHP file tersebut dari Web browser. Web server kemudian akan memanggil file tersebut, dan akan membaca semua request dari atas sampai bawah. Mengeksekusi beberapa script command, dan mengirimkan hasilnya dalam sebuah halaman HTML melalui browser.
Sebuah file PHP adalah text file dengan extension .php yang berisi kombinasi dari :  
ü  Text
ü  HTML Tags
ü  PHP Script commands
ü  Memungkinkan untuk bahasa script yang lain.
Penulisan script PHP ini diawali dengan “<?” dan ditutup dengan ”?>”. Dalam pembuatan halaman Web untuk hasil yang lebih baik bisa digunakan lebih dari satu bahasa penulisan script. Dan untuk menandainya digunakan sintak penulisan sebagai berikut :
<?  Html dan variable SQL ?> atau jika ada script yang lain dapat ditambahkan penulisannya,
<script language=Scripting Language”>
Sintak penulisan script dan logika berikutnya sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan. Jadi dalam sebuah script PHP bisa terdapat lebih dari satu bahasa script yang digunakan.
2.4.5 APACHE
Apache adalah sebuah HTTP server. Apache dibangun pertama kalinya berdasarkan pada kode – kode dan ide – ide yang terdapat pada HTTP server yang terkenal pada saat itu , yaitu NCSA httpd 1.3, pada awal 1995.
Pada saat ini Apache termasuk web server yang paling banyak digunakan, hal ini terjadi bukan semata – mata karena Apache diedarkan secara gratis. Namun juga karena kemampuannya, secara fungsional, tingkat efisiensinya dan kecepatannya yang dapat dibandingkan dengan server p server HTTP UNIX lainnya. Selain diedarkan secara gratis dan open source, pengembangan Apache juga dilakukan oleh banyak programmer secara sukarela

2.4.5.1 Sejarah singkat Apache
Pada February 1995, web server yang paling popular adalah HTTP daemon yang dibuat oleh Rob MC Cool di National Center for Supercomputing Application, di universitas Illinois, Urbana – Champaign. Tetapi perkembangan web server ini terhenti ketika Rob meninggalkan NCSA pada pertengahan 1994. Saat itu banyak webmaster yang telah membuat extensi tambahan sendiri terhadap program milik Rob, dan juga tidak sedikit perbaikan bug yang telah diselesaikan.
Sekelompok webmaster ini kemudian saling berhubungan dan mulai menggabungkan hasil kerja masing – masing, yaitu dengan memanfaatkan fasilitas server dan bandwidth dari California Bay Area dan Hot Wired.
Beberapa kontributor dari pekerjaan ini kemudian membentuk Apache Group. Dengan menggunakan NCSA httpd 1.3 sebagai basis, maka pada April 1995 Apache server pertama kali diedarkan secara resmi. Secara kebetulan NCSA memulai kembali proyeknya. Kedua kelompok ini kemudian saling berbagi ide dan perbaikan – perbaikan yang diperlukan.
Sambutan masyarakat terhadap Apache ternyata bagus, dan untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, maka dilakukan desain ulang terhadap arsitektur Apache.
Struktur yang modular, API yang mudah dikembangkan merupakan beberapa tambahan yang penting, dan pada Desember 1995 Apache versi 1.0 mulai diedarkan ke masyarakat luas. Kurang dari 1 tahun sejak Apache group didirikan, Apache server melampaui jumlah penggunaan NCSA httpd dan menjadi server internet yang paling popular.

2.4.5.2  Fasilitas yang dimiliki Apache
Beberapa fasilitas yang dimiliki Apache antara lain :
ü  Apache Web Server dalam merespon client sangat cepat jauh melebihi    server NCSA.
ü   Mampu dikompilasi sesuai dengan spesifikasi HTTP yang sekarang.
ü  Server Apache dapat otomatis berkomunikasi dengan client browsernya untuk menampilkan dengan tampilan yang terbaik pada client browsernya.   Misalnya browser ingin menampilkan dalam bahasa spanyol maka apache  web server otomatis mencari dalam servisnya halaman-halaman dengan bahasa spanyol.
ü  Web server apache secara otomatis menjalankan file index html, halaman utamanya untuk ditampilkan secara otomatis pada clientnya.
ü  Web server apache mempunyai level-level pengamanan.
ü  Apache mempunyai komponen dasar terbanyak diantara web server lain.
ü  Mendukung transaksi yang aman (secure transaction) dengan menggunakan SSL( Secure Socket Layer).
ü   Beberapa implementasi SSL(Secure Socket Layer), tidak semua diimplementasikan dikarenakan teknologi tersebut merupakan hak paten dari RSA Data security.
ü   Mempunyai dukungan teknis melalui web.
ü   Mempunyai kompatibilitas platform yang tinggi.
ü  Dukungan terhadap format XML dan WAP yang saat ini banyak dikembangkan aplikasinya.

2.4.6  HTML (Hypertext Markup Language)
HTTP (Hypertext Transfer Protokol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protokol ini mentransfer dokumen-dokumen Web yang berformat HTML. Hypertext Markup Language atau HTML adalah bahasa yang digunakan untuk menulis dokumen- dokumen dalam bentuk hypertext. Dokumen-dokumen tersebut didistribusikan dengan World Wide Web dan dapat dilihat oleh klien-klien pada komputer. Dokumen HTML disebut Markup Language, karena HTML berfungsi untuk memperindah file teks biasa untuk ditampilkan pada program Web browser.
Pada dokumen HTML anda diijinkan untuk meng-klik teks yang berwarna lain dan mengakses dokumen baru, atau image, atau file film dari komputer yang sangat jauh jaraknya.
Perbedaan antara dokumen HTML dengan dokumen teks biasa adalah adanya tag HTML yang ditandai dengan “<...........>”. Tag ini kebanyakan dibuat berpasangan dan diletakkan diujung.

2.4.6.1 Penulisan Tag HTML
Adapun aturan dalam penulisan tag adalah :
Selalu diapit oleh tanda kurung siku miring <...............>.
¨      Tag pembuka dan penutup dari setiap pasangan akan selalu sama, kecuali tanda “/” sebelum penunjuk pada akhir tag.
¨      Dapat ditulis dengan menggunakan huruf besar (kapital) atau huruf kecil.
¨      Dapat berada pada baris yang sama sebagai teks yang diapit, atau dibaris yang berbeda. Keduanya tidak berbeda dalam layout atau tata letaknya.

Beberapa tag yang biasa digunakan dalam dokumen HTML, yaitu :
§  <HTML>........</HTML> , dipakai untuk menandai awal dan akhir file HTML.
§  <HEAD>........</HEAD> , dipakai untuk menandai daerah ‘header’ yang berisi judul.
§  <BODY>........</BODY> , mengapit isi teks, disebut ‘body teks’.
§  <TITLE>........</TITLE> , digunakan sebagai penunjuk window’s title bar.

Struktur penulisan HTML adalah :

<HTML>
<HEAD>
.........head dokumen..........
</HEAD>
<BODY>
.............body dokumen..............
</BODY>
</HTML>

Seperti terlihat, struktur file HTML diawali dengan sebuah tag <HTML> dan ditutup dengan tag </HTML>. Didalam tag ini terdapat dua buah bagian besar, yaitu yang diapit oleh tag <HEAD>......</HEAD> dan tag <BODY>...........</BODY>.
Bagian yang diapit oleh tag HEAD merupakan header dari halaman HTML dan tidak ditampilkan pada browser. Bagian ini berisi tag-tag header seperti <TITLE>...........</TITLE> yang berfungsi untuk mengeluarkan judul pada title bar window web browser. Bagian yang diapit oleh tag BODY akan ditampilkan pada halaman web browser.



Tag –tag yang lain yang akan digunakan pada tampilan program Proyek Akhir ini adalah :
Ø  Background color (Bgcolor)
Merupakan atribut yang bisa digunakan dengan tag <BODY>. Dimana atribut background color ini mempunyai kemampuan merubah warna background serta atribut-atribut lainnya.
<BODY BGCOLOR= (warna)>........</BODY>
Ø  Center
Untuk meletakkan teks, gambar dan obyek lainnya ke tengah-tengah dokumen.
<CENTER>............</CENTER>
Ø  Script
Merupakan elemen HTML yang digunakan untuk menyisipkan script, dimana elemen ini mempunyai atribut LANGUAGE yang menyatakan bahasa yang digunakan untuk script tertentu, atau untuk script PHP cukup digunakan tanda <?…….?> yang diselipkan dalam bahasa html.
            <SCRIPT LANGUAGE=’BlablablaScript’>..............</SCRIPT>
Ø  Heading
Merupakan judul atau sub judul atau kelompok kata dalam suatu dokumen HTML. Terdapat enam tingkatan heading (H1 sampai dengan H6).
            <H1>............</H1>
Ø  Table
            Untuk mendefinisikan tabel
            <TABLE>.......................</TABLE>
Tabel mempunyai atribut border untuk memberikan garis tepi sebuah tabel agar dapat terlihat dengan jelas.
            <TABLE BORDER>....................</TABLE >
Pada tabel juga terdapat atribut width untuk menentukan lebar tabel. Nilai yang diberikan biasanya dalam satuan pixel ataupun presentase.
            <TABLE BORDER=.......WIDTH=...........%>............</TABLE>


Beberapa tag yang digunakan diantara tag tabel adalah :
o   Table Row (TR)
                        Untuk membuat sebuah baris dalam tabel
                        <TR>....................</TR>
o   Table Data (TD)
Untuk mendefinisikan kolom dan data pada tabel
                        <TD>...................</TD>

Dapat diperhatikan polanya sebagai berikut :
        <TABLE.>
            <TR>
                        <TD>....................</TD>
            </TR>
        </TABLE>

Ø  Form
            Merupakan elemen HTML untuk pengiriman informasi
            <FORM>..............................</FORM>
Ø  Font
Atribut umum yang menyertai tag ini adalah COLOR, dapat menampilkan teks dalam berbagai warna.
            <FONT COLOR=”nama warna”>................</FONT>
Ø  Break (BR)
Digunakan untuk membuat baris baru. Tag <BR> ini membuat garis baru tanpa memberi baris kosong, dan akan memotong sebarisan teks pada tempat dimana tag <BR> diletakkan/disisipkan.
            .........................<BR>

2 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Poskan Komentar